• Jelajahi

    Copyright © JAGUARNEWS77.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Total Tayangan Halaman

    More Post

    Prabowo Sapa Ganjar-Anies, Suasana Harmonis Warnai Pelantikan Presiden-Wapres

    20/10/24, 15:41 WIB Last Updated 2024-10-20T08:41:59Z
    Prabowo Sapa Ganjar-Anies, Suasana Harmonis Warnai Pelantikan Presiden-Wapres
    Presiden Prabowo Subianto saat membacakan sumpah jabatan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Foto: TV Parlemen)

    JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akhirnya resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) RI. Prabowo-Gibran resmi mengucap sumpah dan dilantik sekitar pukul 10.30 WIB, di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024). 


    Suasana pelantikan Prabowo-Gibran menjadi semakin harmonis, ketika Prabowo menyapa para kandidat capres-cawapres Pilpres 2024. Prabowo menyapa langsung Anies Baswedan, selaku tamu undangan. 


    "Selamat datang para capres-cawapres kontestasi Pilpres 2024, Anies Baswedan," kata Prabowo dalam pidatonya saat menyapa tamu undangan. Mendengar namanya disebut, terlihat Anies berdiri sambil melambaikan tangan. 


    Kemudian, Prabowo juga menyapa politikus PDIP Ganjar Pranowo sekaligus Mahfud Md. Riuh-riuh tepuk tangan terus menggemuru, seusai Prabowo menyapa para saingannya di Pilpres 2024. 


    Sidang pelantikan tersebut, diketahui dimulai pukul 10.00 WIB. Acara pelantikan itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. 


    Ketua MPR RI Ahmad Muzani membuka sidang paripurna pelantikan tersebut, lalu dilanjutlan membacakan keputusan KPU. Pembacaan keputusan KPU itu, dibaca langsung oleh Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin. 


    Lalu, acara dilanjutkan dengan pembacaan sumpah oleh Prabowo-Gibran. Presiden-Wapres 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menyaksikan langsung prosesi pengucapan sumpah. 


    Prabowo membacakan sumpah terlebih dahulu, kemudian disusul oleh Gibran. Berikut ini isi sumpahnya: 


    Sumpah Presiden 


    "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa" 


    Sumpah Wakil Presiden 


    "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa" 


    Usai pembacaan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Selanjutnya, berita acara diserahkan oleh pimpinan MPR.


    Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul : "Prabowo Sapa Ganjar-Anies, Suasana Harmonis Warnai Pelantikan Presiden-Wapres" (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini