• Jelajahi

    Copyright © JAGUARNEWS77.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    LAW OFFICE

    Total Tayangan Halaman

    More Post

    Menjajal Kereta Tanpa Rel di Ibu Kota Nusantara

    10/08/24, 22:40 WIB Last Updated 2024-08-10T15:40:21Z
    Menjajal Kereta Tanpa Rel di Ibu Kota Nusantara
    Autonomous Rail Rapid Transit (ART) atau Kereta Otonom Tanpa Rel menjalani Proof of Concept (PoC) di Sumbu Kebangsaan Timur Ibu Kota Nusantara pada Sabtu (10/8/2024). (Foto: RRI/Padhli)

    JAGUARNEWS77.com // IKN - Autonomous Rail Rapid Transit (ART) atau Kereta Otonom Tanpa Rel mulai diuji coba di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pengujian internal dilakukan di Sumbu Kebangsaan Timur, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Sabtu (10/8/2024).


    Kereta Otonom Tanpa Rel sedang dilakukan pengujian teknis oleh Norinco International Cooperation Ltd. Pengujian dimulai dari daya tahan baterai, kekuatan suplai listrik, dan sistematisasi pembaca marka jalan.


    Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara Mohammed Ali Berawi mengungkapkan, ART ini masih terus dilakukan pengujian. Jika nantinya beroperasi, kendaraan ini juga masih digratiskan sampai bulan Oktober 2024.


    "Kita masih akan terus uji dan nantinya akan dievaluasi apakah ini akan layak atau belum. ART ini sementara masih belum bisa tanpa pengemudi karena sistem mesin masih mempelajari marka jalan dan kondisi medan," kata Ali.


    "Nantinya ini akan menjadi moda transportasi ramah lingkungan," ujarnya. Ali mengatakan, kereta tanpa rel ini mempunyai tiga gerbong dan bisa mengangkut sekitar 200-300 penumpang.


    Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara Mohammed Ali Berawi di dalam Automous Rail Rapid Transit (ART) saat memberikan keterangan kepada wartawan, Sabtu (10/8/2024). (Foto: RRI/Padhli)

    ART ini, menurut Ali akan bisa dilakukan penambahan gerbong  sampai dengan lima gerbong berkapasitas 500 penumpang. Dirinya juga menyebut uji beban juga akan dilakukan sebelum Upacara Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di IKN.


    "Jadi kita masih menunggu pengujian yang dilakukan teman-teman Kementerian Perhubungan. Kalau menurut mereka layak jalan, maka akan ada kemungkinan tamu upacara nanti akan diangkut menggunakan ART ini," kata Mohammed Ali Berawi.


    Menurut Ali, ART merupakan moda transportasi yang modern dan akan menjadi percontohan bagi kota lain di Indonesia. Transportasi umum ini merupakan salah satu inovasi yang ramah lingkungan dengan penggunaan energi terbarukan dan rendah emisi.


    "Bagi kami, IKN tidak hanya Ibu Kota Baru tetapi juga bagaimana teknologi yang baru bisa diaplikasikan. Menjadi sebuah negara maju tidak mudah, kita masih terus melakukan perkembangan yang positif dan bekerja sama dengan Negara maju lainnya," ucapnya.


    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Electric Motor Show 2024 di Bogor, Jum'at (9/8/2024). (Foto: BKIP Kemenhub)

    Hal yang sama disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya di acara Indonesia Electric Motor Show 2024. Ia mengatakan ART merupakan kendaraan otonom yang berbasis teknologi akan menjadi pilar utama sistem transportasi masa depan. 


    Oleh karena itu, dirinya mengatakan perlu mempersiapkan diri untuk penggunaan kendaraan masa depan tersebut. "Di era digital transformasi transportasi ini akan semakin dipengaruhi oleh teknologi otonom," kata Menhub di Bogor, Jumat (9/8/2024).


    "Kita melihat inovasi-inovasi yang mengadopsi teknologi otonom pada berbagai tingkat di Indonesia. Di IKN nanti akan ada kereta tanpa rel atau ART (Autonomous Rail Transit)," ujarnya.


    "Selain itu juga ada LRT Jabodebek, Skytrain Soekarno-Hatta. Di masa depan, kendaraan otonom akan menjadi pilar utama dalam sistem transportasi kita," kata Menhub.


    Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul : "Menjajal Kereta Tanpa Rel di Ibu Kota Nusantara" (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini