• Jelajahi

    Copyright © JAGUARNEWS77.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    LAW OFFICE

    Total Tayangan Halaman

    More Post

    Masuki Kemarau, Beberapa Kecamatan di Pandeglang Mulai Krisis Air

    13/08/24, 22:47 WIB Last Updated 2024-08-13T15:47:14Z
    Masuki Kemarau, Beberapa Kecamatan di Pandeglang Mulai Krisis Air
    Masyarakat sedang mengantre mendapatkan air bersih yang disalurkan BPBD-PK Pandeglang. (Dok. BPBD Pandeglang)

    JAGUARNEWS77.com // Pandeglang, Banten - Memasuki musim kemarau, beberapa wilayah di Kabupaten Pandeglang mulai mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Wilayah yang mulai kesulitan air bersih itu yakni, Kecamatan Sindangresmi, Sukaresmi, Panimbang, Angsana, dan Kecamatan Patia.


    Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Pandeglang, Nana Mulyana mengatakan, kekeringan dibeberapa daerah tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. 


    "Pusdalops kami menerima laporan daerah yang kekeringan. Namun, yang sudah mengirimkan proposal bantuan baru ada empat kecamatan, yaitu Kecamatan Sindangresmi, Sukaresmi, Panimbang, dan Angsana. Kalau yang (laporan) diterima banyak, tapi kami menindaklanjuti dari proposal bantuan yang masuk," katanya, Selasa (13/8/2024).


    Sejak adanya laporan kekeringan itu, BPBD langsung mengirimkan bantuan air bersih ke daerah terdampak. "Dari hari kemarin kita sudah mengirimkan unit tangki air. Yang sudah dikirim itu Sindangresmi, hari ini Angsana. Tapi karena keterbatasan, jadi mohon bersabar, giliran gitu," ucap dia.


    Menurut Nana, dampak kemarau kali ini belum merata dirasakan. Sebab beberapa daerah di Pandeglang justru masih merasakan hujan. Namun, jika mengacu pada prakiraan BMKG, kemarau di Pandeglang akan berlangsung hingga September mendatang.


    "Kalau dari BMKG itu prediksi dari bulan Juni sampai September akan terjadi kekerigan. Tapi baru sebagian juga, karena kalau di sekitar kota, Alhamdulillah masih dikasih hujan," ujar Nana.


    Maka dari itu, Nana mengimbau masyarakat tetap waspada dan lebih bijak menggunakan air. 


    "Hati-hati juga dalam membuka lahan baru. Jangan sampai dibuka dengan cara dibakar. Dan bilamana memerlukan pengiriman air bersih, silakan koordinasi dengan desa dan kecamatan, nanti kecamatan mengirimkan proposalnya kepada kami," kata dia.


    Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul : "Masuki Kemarau, Beberapa Kecamatan di Pandeglang Mulai Krisis Air" (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini