• Jelajahi

    Copyright © JAGUARNEWS77.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    LAW OFFICE

    Total Tayangan Halaman

    More Post

    HUT RI di IKN, Kemensetneg Bantah Sewa Ribuan Mobil

    07/08/24, 19:27 WIB Last Updated 2024-08-07T12:27:08Z
    HUT RI di IKN, Kemensetneg Bantah Sewa Ribuan Mobil
    Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung proses pembangunan kompleks Istana dan Kantor Presiden di IKN Nusantara (Foto: Biro Pers Setpres)

    JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Kementerian Sekretariat Negara membantah adanya kabar yang menyebutkan pemerintah menyewa 1.000 mobil untuk HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam memfasilitasi tamu undangan, pemerintah justru menyiapkan ratusan bus.


    “Setneg tidak menyewa mobil, termasuk Alphard sejumlah 1.000 unit, karena kami akan menyediakan angkutan bus. Untuk undangan yang akan menghadiri upacara HUT RI di IKN,” kata Sekretaris Kemensesneg Setya Utama dilansir Antara, Rabu (7/8/2024).


    Menurutnya, jumlah armada bus yang disiapkan pemerintah sebanyak 200 unit. "Jadi, tidak sampai 1.000 unit kendaraan, sebagaimana yang heboh pada pemberitaan sebelumnya," ujarnya.


    "Jumlah armada bus yang disiapkan juga tidak sebanyak 1.000 unit, melainkan sekitar 200 unit. Kendaraan ini diatur oleh Kementerian Perhubungan bersama dengan Otorita IKN dan pemerintah daerah setempat," ucapnya.


    Adapun bus ini merupakan kendaraan prioritas yang akan digunakan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN. Khususnya bagi petugas upacara, tamu undangan, termasuk juga para menteri.


    "Kendaraan Presiden (Jokowi) dan Wakil Presiden (Ma'ruf Amin) diatur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Kendaraan lain yang digunakan adalah untuk rangkaian seperti kendaraan cadangan dan ambulance,” ujarnya.


    Sebelumnya dikabarkan, Kemensetneg menyewa 1.000 unit mobil untuk kebutuhan pergerakan tamu negara dan VVIP. Ribuan unit mobil disiapkan untuk perayaan HUT ke-79 RI, pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur.


    "Kami dan Kemensetneg tanda tangani nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil. Untuk perayaan kemerdekaan," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur Damun Kiswanto dalam keterangannya seperti dilansir Antara, dikutip Senin (5/8/2024).


    Dalam proses pembayarannya, Damun mengatakan, Kemensesneg sudah bayar separuhnya. "Pengadaan mobil dari Kemensetneg itu sekitar 1.000 unit, dan sudah dibayar uang muka 50 persen dari nilai kontrak," ucapnya.


    Ia mengatakan, pihaknya harus mendatangkan mobil dari luar daerah. Semuanya untuk memenuhi kebutuhan mobil jelang perayaan HUT Ke-79 RI di IKN.


    Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul : "HUT RI di IKN, Kemensetneg Bantah Sewa Ribuan Mobil" (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini