• Jelajahi

    Copyright © JAGUARNEWS77.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Total Tayangan Halaman

    More Post

    Korupsi di Malut, KPK Geledah Kantor Kementerian ESDM

    25/07/24, 08:37 WIB Last Updated 2024-07-25T01:37:57Z
    Korupsi di Malut, KPK Geledah Kantor Kementerian ESDM
    Juru bicara KPK Tessa Mahardika memberikan keterangan kepada awak jurnalis (Foto: RRI/Chairul Umam)

    JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rabu (24/7/2024). Penggeledahan ini terkait penyidikan dugaan kasus korupsi izin pergambangan di Maluku Utara (Malut).


    "Sedang ada kegiatan penggeledahan. Berlangsung di kantor Ditjen Minerba ESDM, Tebet, Jakarta Selatan," kata Jubir KPK, Tessa Mahardhika dalam keterangannya, Rabu (24/7/2024).


    Diketahui, KPK saat ini sedang mengusut dugaan kasus suap, gratifikasi, dan TPPU mantan Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba. KPK juga sedang mengusut dugaan kasus suap kepada AGK dengan tersangka mantan Ketua DPD Gerindra Malut, Muhaimin Syarif.  


    Tessa belum dapat menjelaska  barang bukti yang disita dari penggeledahan ini. Kegiatan saat ini masih berlangsung," katanya. 


    KPK telah menjerat Abdul Ghani Kasuba sebagai dugaan kasus suap proyek dan perizinan di Pemprov Malut. Tak hanya itu, Abdul Ghani juga ditetapkan sebagai tersangka dugaan gratifikasi dan pencucian uang. 


    Dalam pengembangan kasus ini, KPK menjerat Muhaimin Syarif sebagai tersangka suap perizinan dan proyek. Muhaimin Syarif diduga menyuap AGK sebesar Rp7 Miliar untuk pengurusan izin dan proyek di lingkungan Pemprov Maluku Utara. 


    Suap itu diberikan Muhaimin Syarif secara langsung kepada Abdul Gani Kasuba, maupun melalui ajudan dan transfer ke rekening. Suap itu diberikan berkaitan dengan proyek di Dinas PUPR, pengurusan IUP, pengusulan penetapan WIUP ke Kementerian ESDM, dan lainnya.


    Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul : "Korupsi di Malut, KPK Geledah Kantor Kementerian ESDM" (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini